Pages

Senin, 02 Maret 2009

Tips Mempercantik Blog


Ibarat ruangan, blog adalah suatu ruang tamu dimana kita memberi dan menerima berbagai hal yang datangnya dari luar maupun dari dalam diri kita. Baik itu paket barang, opini, bahkan tamu yang dikenal dan tak dikenal.. Satu hal yang pasti, sebuah ruang tamu tak akan membuat seseorang betah tinggal lama, jika desain interior dan hiasan ruangannya tidak memiliki suatu daya tarik.

Yang terjadi, sang tamu tak akan mau berlama-lama di situ apalagi kembali berkunjung karena rindu dengan kenyamanan ruang tamunya.
Begitu pula halnya dengan blog, dimana sebagian besar keterbukaan informasi dan keleluasaan akses lebih mudah dilakukan. Seorang Blogger seyogyanya memperhatikan kebutuhan akan suatu desain blog yang indah, suatu area komunikasi yang nyaman untuk disinggahi, sebuah wilayah tatap muka yang hangat dengan segala hiasan dan pernak perniknya. Dengan kesadaran akan pentingnya sebuah desain blog yang acceptable dan good-looking inilah, maka sudah sepatutnyalah bagi tuan rumah sebuah blog untuk mendekorasi ulang blognya jika memang ingin mendapatkan berbagai macam keuntungan dari para visitor dengan memberikan harapan para tamu kita akan jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap blog yang telah kita renovasi.
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa menjadi bahan rujukan dalam upaya mempercantik blog dengan beberapa jenis pernak-pernik yang sederhana namun cukup mampu merberikan kesan manis bagi blog anda.


Memasang Widget Baru

Inilah yang akan kita terapkan sebagai salah satu upaya mempercantik blog. Untuk memasang widget dari luar kita tidak bisa langsung memasang begitu saja namun ada langkah-langkahnya. Berikut adalah proses yang harus dilalui sang tuan rumah:

  1. Masuklah, ke akun blogger anda.
  2. Pada menu dashboard, masuklah ke menu layout blog yang ingin anda modifikasi.
  3. Klik pada add a page element
  4. Setelah layar baru keluar, klik add to blog pada menu HTML/Javascript.
  5. Isikan nama widget di bagian title (kalau anda inginkan). Masukkan kode HTML/Javascriptnya di kotak content. Klik save changes. Kemudian, anda tinggal menggeser-geser kotaknya di menu layout untuk mengatur posisinya.
Begitulah kira-kira cara yang bisa dilakukan untuk memasang widget baru dari luar diblog kita.
Aplikasi Gratis untuk Blog
Berikut adalah beberapa aksesoris gratis yang bisa didapat untuk sekedar menghias blog ataupun untuk memantau perkembangan blog kita.
  1. Mencari tahu asal Negara pengunjung
Berikut langkah-langkahnya:
    1. Kunjungi situsnya di www.neoworx.net
    2. Dari banyak widget dengan masing-masing bentuknya di situ, hanya sau yang disediakan gratis, yaitu Neocunter. Sedangkan yang lainnya adalah fasilitas berbayar. Daftarkan diri anda dengan mengeklik logo berbentuk dua orang yang ada di sebelah logo kunci.
    3. Isikan data yang diminta, lalu klik register.
    4. Sekarang anda sudah memiliki akun di Neoworx.
    5. Masukkan e-mail yang anda gunakan waktu pendaftaran tadi beserta password-nya, kemudian kliik login.
    6. Jika kita ingin yang gratis, langsung aja kita pilih neocounter, kemudian klik Install Widget. Ini dikarenakan menu yang lain hanya berstatus trial dengan tenggat waktu 14 hari.
    7. Kemudian, silahkan sesuaikan settingannya. Namun ada beberapa settingan yang khusus untuk fasilitas berbayar. Berikan settingan yang simple dan tidak berkesan terlalu heboh. Klik install.
    8. Sekarang, copy paste-kan kode yagn ada di standard code ke template blog anda. Alternative code hanya untuk layanan blog yang tidak menerima kode HTML atau Javascript.

  1. Ramalan cuaca
          1. Kunjungi situsnya di www.weather.com
          2. Pada bagian bawah halaman temukan pada kolom weather anywhere kata-kata weather on your website. Klik pada kata-kata tersebut.
          3. Akan tampil halaman baru yang memperlihatkan salah satu contoh bentuk widget yang disediakan. Selain itu, dijelaskan juga beberapa fitur yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan, yaitu background, warna, ukuran, dan pilihan informasi yang ingin anda tampilkan di dalam widget tersebut nantinya. Klik saja pada tombol get it today.
          4. Karena anda belum memiliki akun di weather.com, kosongkan e-mail address dan password yang diminta. Perhatikan di bagian kanan atas tulisan new user, lalu daftarkan diri anda dengan mengklik sign up.
          5. Isikan data-data yang diminta dan centang di bagian subscription. Klik save and continue. Setelah mengisi data-data yang diminta, centang di pernyataan legal agreement, lalu klik save and continue.
          6. Anda bisa memilih customize dulu seandainya ingin menyesuaikan bentuk widget-nya dengan keinginan anda atau klik tombol finish & generate code untuk langsung mendapatkan kode HTML yang diinginkan.
          7. Beberapa panel kustomisasi yang disediakan adalah Basic yang berfungsi mengatur ukuran widget.
          8. Background, berfungsi mengatur lata belakang widget.
          9. Weather.com links, untuk mengatur informasi tambahan diluar informasi inti yang juga ingin anda tampilkan.
          10. Weather info, untuk mengatur apa saja informasi keadaan cuaca apa saja yang ingin anda tampilkan dan dalam widget tersebut. Setelah selesai, klik finish & generate code.
          11. Seperti biasa, copy paste-kan kode yang anda dapatkan ke template blog anda.
Pada kesempatan kali ini kiranya dua widget tersebut pantas untuk di coba terlebih dahulu. Beberapa widget lainnya akan saya paparkan pada kesempatan yang lain. Oke, selamat menghias blog anda.

0 komentar: