Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan hasil seminar Digital marketing yang mungkin akan bermanfaat bagi anda. Sebetulnya pemaparan nanti lebih kepada notulen ketimbang catatan karena memang saya langsung ketik ketika keynote speaker berbicara menjelaskan materinya. Mari yuk ....
Digital Marketing
Oleh: Bp. Haryo Ardito
Pengantar.
Ice
breaking
dalam perkenalan itu penting.
Pengguna smartphone selalu tinggi
dan naik terus dari tahun ke tahun.
Bagaimana dara meningkatkan omzet
menjadi 3x lipat
Sales dan marketing itu berbeda.
Primetime adalah waktu dimana
iklan ditayangkan dengan viewers yang banyak (oplah)
Pengguna nternet berdasaarkan
data itu naik terus begitu juga dengan kegiatan belanja online.
We
should go in at online marketing since it is very advantageous. So many of
travel agents that collapsed, but with the online they are all resolved. For
example lazada, buka lapak, traveloka, agoda. First thing you have to do is;
trust building.
Mereka hanya menjembatani penjual dan pembeli untuk mengatasi masalah trust.
Online selling itu pasti
terkendala masalah trust. Makanya banyak bermunculan situs situs makelar
online.
Konsep
Syarat:
Harus ada; email marketing, website, dan
social media.
1.
Product
quality: Produk bagus dan berkualitas hanya butuh word of mouth. Tidak perlu
marketing, sales, dan service excellent.
2.
Marketing
adalah pencipta daya tarik: promosi, iklan, brand.
3.
Salesman
adalah figur yang agresif: penjual langsung.
4.
Service
excellent adalah purna jual, delivery, layanan, dsb.
Harus dibedakan antara bidang
marketing dan salesman.
Email marketing.
Website, ketika seseorang membuka
website maka sama saja seseorang membuka toko. Ukurannya adalah hits.
Selain website sosmed sangatlah menunjang.
2 cara agar orang mau berkunjung
ke website kita. Organik dan anorganik.
Organik salah satunya adalah SEO.
Anorganik adalah membayar google.
Communication: adalah proses follow up dari
promosi dan marketing. Maka communication skills itu penting. Via telepon, sms,
blackberry, whats app. Komunikasi masih sama tetapi medianya yang berbeda. Buat
grup wa.
Etika tetap penting dalam
berkomunikasi.
Selling adalah kontak,
appointment, kopi darat/bertemu.
Salesmanship adalah face to face/door to door.
The
death of salesman
adalah situasi dan mindset dimana seorang sales hanya pasrah pada keunggulan
produk saja. Hal ini mengurangi produktivitas dan kreativitas sales itu
sendiri.
Dengan sistem digital seseorang
akan memenangkan persaingan.
One
stop selling means that using applications and internet is meant to boost our
selling product widely.
Langkah pertama adalah, gunakan
SEO. Konsepnya adalah, gunakan kata kunci yang tepat.
Kalo mau instan ya gunakanlah
google adword dan facebook advertisement.
Email
marketing. We can use subscribe system. Gratisan gmail atau yahoo. Menggunakan
email gratis itu rentan di block.
Netcore adalah email berbayar (15
rupiah peremailnya). Beli quota 100 ribu, peremailnya 15 rupiah. Kelebihannya
dia memiliki ribuan ip address dimana dia akan llolos dari spam blocking.
Mailchimp adalah sistem
email mirip netcore namun gratis.
Email adalah sistem marketing
yang paling efektif.
Email address adalah proses
penyebaran brosur dan informasi dengan menghemat tenaga dan energi.
Teknik agar pesan yang
disampaikan mau membuka membacanya mengontak dan membeli.
Iklan dalam sebuah email adalah
harus memiliki skill mengatur bahasanya. Subject, paragraph pertama, lalu
brosurnya (attachment).
File jangan lebih dari 1 mb.
Mencari database email konsumen
potensial caranya adalah: kartu nama, directory (email di buku gramedia dicatet
semua), mailing list, incoming mail, web subscriber, kontributor artikel di
yahoo, mail extractor, skymem.
Buat sistem subscribe yang menarik. Mulai dari blog walking, juga tulislah
beberapa artikel dengan konten yang memang dibutuhkan orang.
Pelajari karakteristik sosmed
yang kita sasar. Facebook, path, twitter, linked in, google+.
Google adwords versus facebook
marketing.
Facebook sangat memahami customer
needs. Fb sering melakukan research and development untuk mengikuti kebutuhan
pengguna.
Salah satu kebutuhan pengguna fb:
narsis. De Mata adalah respon positif dari hal tersebut.
Tips facebook:
Jumlah friend 5000
Quantity
then quality
Fans page (gunakan untuk
mengucapkan selamat ulang tahun, krn utk maintenance)
Group.
In
facebook for business, understand your friends. For example, give like. Tujuannya agar dia mengenal
kita. Tekniknya, masuknya lewat pertemanan, then
make sure siapa anda, apa bisnis anda, apa profesi anda. Bisa juga cari
grup yang berhubungan dengan segmen sasaran anda, dimana disitu nanti bisa
mendapat data prospek. Jam jam primetime facebook perhatikan. Beri like beri
komen. Jika hubungan sudah baik create page
or event setelah itu inbox atau tagging
friends. Itu adalah soft selling. Seberapa menarik bahasa iklan anda akan
menentukan ketertarikan prospek.
Selain menabung email, tabunglah
teman. At least, one day one friend.
Because friend : prospect.
The
Era of Personal Brands is Now. Are you ready?
Linked In
Gunakan profil dengan kalangan
atas untuk masuk di Linked In. Karena pengguna linked in adalah para
profesional.
The
greatest asset is: database.
Gojek pada awalnya gak sukses,
namun setelah mendapat member banyak, dia tawarkan ke investor, investor
menerima lalu membuat aplikasi, dan dari situlah mulai mendapat pundi-pundi
uang.
Gunakan trik broadcast untuk
sebar info. Sekarang brosur sudah bisa dikirim via broadcast. Wa bb, dst. Burulah
database. Itu untuk mengatur strategi broadcast dan promo.
Ketika broadcast gunakan bahasa
yang menarik agar setelahnya konsumen berfikir. Biasa juga disebut sebagai
teknik anker.
Youtube
Gunakan sound effect untuk
kepentingan promo. Teknik anker harus
diutamakan.
Frequently Asked Questions (FAQ)
adalah teknik komunikasi pelanggan yang efektif. Disini teknik kebahasaan yang
menarik harus dikuasai.
Sekarang adalah era di mana
kombinasi antara gambar dengan kata (komunikasi visual).
Multiplayer Effect adalah
pemasaran sistem dengan model joinan dengan vendor besar. Atau kerjasama yang
mutualistis.
Di radio, pilihlah speaker yang
punya massa. Gunakanlah logo di setiap publikasi sosmed. Broadcast info siaran
satu jam sebelum siaran.
Buat jargon seolah olah followers
anda di twitter dan instagram itu berfikir bahwa mengikuti anda ada manfaatnya.
Hashtag
Pilih segmentasi: OS, apple
users, iphone, dll. Fungsinya adalah agar satu peluru satu orang. Gunakan
ilustrasi sniper dan rambo.
CRM, beri kebutuhan yang
diinginkan friends, kebutuhan yg g berwujud, misalnya perhatian, like,
praising.
Tentang UU ITE tidak perlu
dikhawatirkan. Sehingga selama produk kita baik dan tidak melanggar hukum maka
bisa dijalankan.
Graha
Adi, Surabaya, 13 September 2015.
Edwin Mclean
1 komentar:
Makasih kak sudah mau sharing seminar digital marketing hehe sip
Posting Komentar