Pages

Sabtu, 20 Agustus 2016

Rangkuman Seminar Digital Marketing



Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan hasil seminar Digital marketing yang mungkin akan bermanfaat bagi anda. Sebetulnya pemaparan nanti lebih kepada notulen ketimbang catatan karena memang saya langsung ketik ketika keynote speaker berbicara menjelaskan materinya. Mari yuk ....

Digital Marketing 
Oleh: Bp. Haryo Ardito



Pengantar.
Ice breaking dalam perkenalan itu penting.
Pengguna smartphone selalu tinggi dan naik terus dari tahun ke tahun.
Bagaimana dara meningkatkan omzet menjadi 3x lipat
Sales dan marketing itu berbeda.
Primetime adalah waktu dimana iklan ditayangkan dengan viewers yang banyak (oplah)
Pengguna nternet berdasaarkan data itu naik terus begitu juga dengan kegiatan belanja online.
We should go in at online marketing since it is very advantageous. So many of travel agents that collapsed, but with the online they are all resolved. For example lazada, buka lapak, traveloka, agoda. First thing you have to do is; trust building. Mereka hanya menjembatani penjual dan pembeli untuk mengatasi masalah trust.
Online selling itu pasti terkendala masalah trust. Makanya banyak bermunculan situs situs makelar online.
Konsep
Syarat:
 Harus ada; email marketing, website, dan social media.
1.      Product quality: Produk bagus dan berkualitas hanya butuh word of mouth. Tidak perlu marketing, sales, dan service excellent.
2.      Marketing adalah pencipta daya tarik: promosi, iklan, brand.
3.      Salesman adalah figur yang agresif: penjual langsung.
4.      Service excellent adalah purna jual, delivery, layanan, dsb.
Harus dibedakan antara bidang marketing dan salesman.
Email marketing.
Website, ketika seseorang membuka website maka sama saja seseorang membuka toko. Ukurannya adalah hits.
Selain website sosmed sangatlah menunjang.
2 cara agar orang mau berkunjung ke website kita. Organik dan anorganik.
Organik salah satunya adalah SEO.
Anorganik adalah membayar google.
 Communication: adalah proses follow up dari promosi dan marketing. Maka communication skills itu penting. Via telepon, sms, blackberry, whats app. Komunikasi masih sama tetapi medianya yang berbeda. Buat grup wa.
Etika tetap penting dalam berkomunikasi.
Selling adalah kontak, appointment, kopi darat/bertemu.
Salesmanship adalah face to face/door to door.
The death of salesman adalah situasi dan mindset dimana seorang sales hanya pasrah pada keunggulan produk saja. Hal ini mengurangi produktivitas dan kreativitas sales itu sendiri.
Dengan sistem digital seseorang akan memenangkan persaingan.
One stop selling means that using applications and internet is meant to boost our selling product widely.
Langkah pertama adalah, gunakan SEO. Konsepnya adalah, gunakan kata kunci yang tepat.
Kalo mau instan ya gunakanlah google adword dan facebook advertisement.
Email marketing. We can use subscribe system. Gratisan gmail atau yahoo. Menggunakan email gratis itu rentan di block.
Netcore adalah email berbayar (15 rupiah peremailnya). Beli quota 100 ribu, peremailnya 15 rupiah. Kelebihannya dia memiliki ribuan ip address dimana dia akan llolos dari spam blocking.
Mailchimp adalah sistem email mirip netcore namun gratis.
Email adalah sistem marketing yang paling efektif.
Email address adalah proses penyebaran brosur dan informasi dengan menghemat tenaga dan energi.
Teknik agar pesan yang disampaikan mau membuka membacanya mengontak dan membeli.
Iklan dalam sebuah email adalah harus memiliki skill mengatur bahasanya. Subject, paragraph pertama, lalu brosurnya (attachment).
File jangan lebih dari 1 mb.
Mencari database email konsumen potensial caranya adalah: kartu nama, directory (email di buku gramedia dicatet semua), mailing list, incoming mail, web subscriber, kontributor artikel di yahoo, mail extractor, skymem.  
Buat sistem subscribe yang menarik. Mulai dari blog walking, juga tulislah beberapa artikel dengan konten yang memang dibutuhkan orang.
Pelajari karakteristik sosmed yang kita sasar. Facebook, path, twitter, linked in, google+.
Google adwords versus facebook marketing.
Facebook sangat memahami customer needs. Fb sering melakukan research and development untuk mengikuti kebutuhan pengguna.
Salah satu kebutuhan pengguna fb: narsis. De Mata adalah respon positif dari hal tersebut.

Tips facebook:
Jumlah friend 5000
Quantity then quality
Fans page (gunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun, krn utk maintenance)
Group.

In facebook for business, understand your friends. For example, give like. Tujuannya agar dia mengenal kita. Tekniknya, masuknya lewat pertemanan, then make sure siapa anda, apa bisnis anda, apa profesi anda. Bisa juga cari grup yang berhubungan dengan segmen sasaran anda, dimana disitu nanti bisa mendapat data prospek. Jam jam primetime facebook perhatikan. Beri like beri komen. Jika hubungan sudah baik create page or event setelah itu inbox atau tagging friends. Itu adalah soft selling. Seberapa menarik bahasa iklan anda akan menentukan ketertarikan prospek.
Selain menabung email, tabunglah teman. At least, one day one friend. Because friend : prospect.

The Era of Personal Brands is Now. Are you ready?

Linked In
Gunakan profil dengan kalangan atas untuk masuk di Linked In. Karena pengguna linked in adalah para profesional.



The greatest asset is: database.
Gojek pada awalnya gak sukses, namun setelah mendapat member banyak, dia tawarkan ke investor, investor menerima lalu membuat aplikasi, dan dari situlah mulai mendapat pundi-pundi uang.

Gunakan trik broadcast untuk sebar info. Sekarang brosur sudah bisa dikirim via broadcast. Wa bb, dst. Burulah database. Itu untuk mengatur strategi broadcast dan promo.
Ketika broadcast gunakan bahasa yang menarik agar setelahnya konsumen berfikir. Biasa juga disebut sebagai teknik anker.

Youtube
Gunakan sound effect untuk kepentingan promo. Teknik anker harus diutamakan.

Frequently Asked Questions (FAQ) adalah teknik komunikasi pelanggan yang efektif. Disini teknik kebahasaan yang menarik harus dikuasai.
Sekarang adalah era di mana kombinasi antara gambar dengan kata (komunikasi visual).

Multiplayer Effect adalah pemasaran sistem dengan model joinan dengan vendor besar. Atau kerjasama yang mutualistis.

Di radio, pilihlah speaker yang punya massa. Gunakanlah logo di setiap publikasi sosmed. Broadcast info siaran satu jam sebelum siaran.

Buat jargon seolah olah followers anda di twitter dan instagram itu berfikir bahwa mengikuti anda ada manfaatnya.
Hashtag
Pilih segmentasi: OS, apple users, iphone, dll. Fungsinya adalah agar satu peluru satu orang. Gunakan ilustrasi sniper dan rambo.
CRM, beri kebutuhan yang diinginkan friends, kebutuhan yg g berwujud, misalnya perhatian, like, praising.

Tentang UU ITE tidak perlu dikhawatirkan. Sehingga selama produk kita baik dan tidak melanggar hukum maka bisa dijalankan.



Graha Adi, Surabaya, 13 September 2015.



Edwin Mclean

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih kak sudah mau sharing seminar digital marketing hehe sip