Pages

Sabtu, 27 Juni 2015

Proses Kreatif yang Unik dari Para Penulis

Baru aja surfing, eh nemu sebuah blog yang bercerita tentang fakta unik para penulis legendaris. Misalnya saja seperti Agatha Christie yang justru banyak menggubah ide-ide kreatifnya di kamar mandi, lalu Edgar Allan Poe yang selalu ditemani kucing kesayangannya Catterina ketika menulis. Atau fakta tentang penulis flamboyan Gertrude Stein yang memperoleh inspirasi dari mobil T Ford-nya. Sembari berkendara, Stein akan mengoceh sementara kekasihnya Alice akan menulis tiap prosa dan narasi yang keluar.

Proses kreatif itu memang menentukan bagaimana seseorang mendapatkan ide-ide. Ada yang menciptakan proses itu dengan bermacam variasi, namun ada juga yang karena memang kebiasaan ya seperti orang-orang diatas. Namun saya pribadi sebetulnya lebih cenderung menyukai faktor 'ketidaksengajaan'. Seperti yang biasa saya tuangkan dalam setiap tulisan-tulisan saya, semuanya berdasarkan fakta dan pengalaman yang saya temui dilapangan. Tentang sumber ide insidentil bisa juga saya ambilkan dari contoh misalnya ketika Asma Nadia bercengkrama dengan seorang wanita penderita sebuah penyakit di Beijing, dia lalu terinspirasi untuk kemudian menuliskan kisah inspiratif orang itu ke dalam narasinya dengan mengubah tokoh dan alur seperlunya.

People are distinctive. But I'd rather be some sort of coincidence going on my writing than make a habitual expression that would make my time uselessly wasted.

Untuk tulisan tentang fakta para penulis itu silahkan klik saja di link ini http://yudhapasca.blogspot.com/2015/05/kebiasaan-aneh-penulis-terkenal.html

0 komentar: